Tista-festival-2-yang-di-selenggarakan-di-desa-wisata-tista

Kemeriahan Tista Festival II

Berawal dari anggapan bahwa penyelenggaraan HUT Karang Taruna yang diperingati setiap Bulan Januari monoton dalam setiap perayaannya. Sehingga timbulah suatu gebrakan baru sebagai perayaan ulang tahun Karang Taruna Desa Tista yaitu menyelanggarakan sebuah Festival yang dinamakan Tista Festival. Tista Festival merupakan suatu wadah untuk menampung kreativitas seni dan budaya lokal dari Desa Tista. Bekerja sama dengan perangkat desa, Tista Festival untuk pertama kalinya diselenggarakan pada Bulan Januari 2017 yang berlokasi di Wantilan Desa Tista. Dalam Tista Festival ini melibatkan seluruh elemen masyarakat yaitu seluruh Seka Teruni Teruni di masing-masing banjar yang ada di Desa Tista, perangkat desa, serta masyarakat Desa Tista yang dikordinatori oleh Karang taruna Desa Tista.

Tujuan dari dilaksanakannya Kegiatan Tista Festival yaitu; Meningkatkan solidaritas antar organisasi yang ada dilingkungan Desa Tista; Menjadikan generasi muda sebagai generasi yang perduli terhadap budaya; Sebagai media promosi Desa Wisata Tista

Tahun 2018 ini merupakan tahun pelaksanaan Tista Festival Kedua yang diselenggarakan dari Hari Jumat tanggal 13 sampai Hari Minggu tanggal 15 Juli 2018 di Lapangan SD Negeri 1 Tista. Festival kali ini disambut dengan sangat baik oleh warga desa tista, hal ini dibuktikan oleh antusiasme warga dalam meramaikan rangkaian acara yang diadakan tiga hari tersebut.

Hari pertama berlangsungnya Tista Festival diisi dengan pembukaan berupa penampilan baleganjur dari ibu PKK, tarian janger dari ibu bapak lansia, penampilan tari legong khas Desa Tista “Legong Andir” dan parade baleganjur dari setiap banjar yang ada di DESA TISTA.

Hari kedua diisi dengan kegiatan olah fisik yaitu diawali dengan jalan santai mengelilingi desa melalui jalur trecking, senam lansia, dan senam Zumba yang diikuti ibu-ibu PKK, selain itu juga ada pembagian doorprize dari kupon jalan santai yang sebelumnya telah dikumpulkan saat jalan santai.

Hari ketiga merupakan penitupan diisi dengan demo masak dan malam puncak dimana terdapat penampilan dari Guest Star. Setiap pengunjung yang datang ke Festival ini disuguhi stand – stand kuliner dari ibu-ibu PKK dari masing-masing banjar yang ada di Desa Tista yang menawarkan berbagai makanan dan minuman khas desa Tista seperti Loloh Cemcem, Baletis (Bakso Lele Tista), dan lainnya.

Tista Festival ini melibatkan seluruh elemen masyarakat yang ada pada Desa Tista baik dari anak kecil hingga bapak ibu lansia. Hal ini membuat suasana kebersamaan kental terasa apabila anda berada di tengah-tengah festival ini. Untuk kedepannya diharapkan festival ini juga dapat menarik minat pengunjung dari masyarakat dari luar Tista dan wisatawan asing.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.